Keindahan Pantai Sagawele yang Belum Terjamah

Di Maluku, Wisata 1924 views

Sagawele namanya. Mungkin terasa asing bagi siapa saja yang mendengarnya, selain kami, manusia-manusia yang terlahir dan besar dari tanahnya (hahaha). Desa ini merupakan pulau terakhir dari sambung-menyambungnya pulau-pulau yang membentuk kecamatan Kayoa Selatan (bukan lirik lagu, ya).

“Sagawele itu di mana?”, “Nah, sekarang Kayoa Selatan?”. Mungkin saya harus menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban, “Di Ternate” agar memberi gambaran yang jelas tentang letaknya. Meski sebenarnya jawaban tersebut belum sepenuhnya memberikan informasi yang akurat tentang letak Desa Sagawele.” Apa perlu peta?”(hahaha boleh saja) “Dan ada apa dengan Desa Sagawele?”

Peta Kayoa Halmahera Selatan


Desa Sagawele sama seperti desa-desa lain pada umumnya, jarang akan penduduk dan tentu saja “ketenangan” yang paling penting, setelah keindahan alam. Desa ini dikelilingi oleh air laut. Masyarakat menamai laut di bagian timur dengan sebutan “Lawa” dan bagian barat dengan sebutan “Lea”.

“Lea” lebih tepatnya adalah rawa yang didominasi oleh pohon bakau yang memang dapat dijumpai di setiap pulau di kecamatan Kayoa Selatan. Warna hijau pohon bakau berpadu dengan warna biru langit tentunya menjadi “daya tarik” tersendiri bagi siapa saja (konon, warna hijau oleh masyarakat setempat dipercaya sebagai warna yang mendatangkan kedamaian). Selain itu, “Lea” dihuni oleh mahluk laut yang beragam.

pantai sagawele kayoa halmahera

Bermacam-macam siput dan kerang laut (rawa) yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat, ikan kakap, ikan pemanah, ikan bandeng, dan berbagai jenis ikan lainnya yang dapat dipancing dengan menggunakan umpan siput yang bisa dijumpai di sekitar “Lea”. Jika ada yang bertanya, “gampangkah memancing ikan di sana?” maka jawabannya, “Datang dan coba sendiri.” Hahaha

pantai sagawele

Di “Lawa” kita bisa menatap bebas laut dan barisan pulau-pulau Halmahera. Bagi yang menyukai pasir untuk tempat bermain, Sagawele punya pasir putih di sepanjang “Lawa”. Atau yang menyukai keindahan bawa laut, Sagawele punya banyak biota laut, serta karang yang masih belum tersentuh tangan-tangan jahil manusia. Atau yang ingin memancing ikan dari atas perahu sambil menikmati keindahan desa Sagawele, rumah-rumah penduduk dengan pohon sukun, pohon kelapa, dan pohon jambu disampingnya, kontras dengan pasir putih serta langit biru tentu memanjakan mata bagi siapa saja yang melihatnya.

Selain “Lawa” dan “Lea”, Sagawele masih memiliki satu tempat dengan banyak karya-karya alam yang masih alami. Masyarakat menamainya “Pa Lik” atau “Pope Lik”. Jika “Lea” dominan dengan pohon bakaunya dan “Lawa” dominan dengan pasir putih serta keindahan bawa lautnya, maka “Pa Lik” atau “Pope Lik” merupakan kombinasi keduanya ditambah dengan bonus “lalai tu” (sebutan masyarakat untuk batu-batu hitam kecil ataupun besar yang ada di pesisir pantai).

Salah satu tempat yang sangat disukai oleh masyarakat terutama ketika picnic ataupun sekedar “jalan-jalan” adalah “Lalai Kursi”. Sesuai dengan namanya, Lalai Kursi adalah sebuah batu besar yang konon katanya dulu berbentuk kursi pada bagian atasnya. Keren bangat, deh, pokoknya pemandangan di sana.

Banyak sebenarnya bebatuan yang menyerupai ‘sesuatu’ (bingung saya mau jelasinnya gimana hahaha) di “Pa Lik” yang akhirnya diberi nama sesuai dengan ‘sesuatu’ itu oleh penduduk setempat. Contohnya, nih, Lalai Kursi (Batu Kursi) diberi nama tersebut karena menyerupai kursi, Lalai Sapi atau Batu Sapi (Batu tersebut jika dilihat dari jauh memang menyerupai sapi yang sedang tertidur), Lalai Nwosal atau batu berdiri, yaitu sebuah batu hitam besar (yang saya lupa berapa tingginya, dan jangan suruh saya untuk mengukurnya hahaha).

pantai sagawele

Rasanya kalau bahas “tempat-tempat bagus” di Sagawele gak akan ada habis-habisnya. Nah, jika dari kalian ada yang penasaran, boleh lihat foto-fotonya di Instagram saya (@alanafgan21) atau di facebook saya (Alan Arifin). Atau ika ada yang ingin berkunjung langsung, yuk datang ke Ternate. Dari Ternate, kalian bisa naik motor laut (kapal bacanya hehehe) dengan tarif untuk dewasa Rp.90.000. Perjalanan ke Desa Sagawele membutuhkan waktu 9 jam dengan motor laut.

Untuk fasilitas atau tempat penginapan dan semacamnya (hahahaha) belum ada karena Desa Sagawele dan tempat-tempat bagusnya belum dilirik pemerintah. Tapi, guys, gak perlu khawatir. Karena ketika sudah sampai di desa Sagawele, kalian bakalan disambut laiknya tamu istimewa oleh masyarakat. Saya jamin! Kalau masih ragu, boleh manfaatin saya deh, buat jadi guide kalian hahaha.

Nah, sepertinya tulisan tarabae ini harus berakhir di sini. Salam Sagawele!

Kiriman dari

 

reviewer sagawele

Alan Arifin

Instagram: @alanafgan21
Facebook: Alan Adifin
Ask.fm/AlanOrLan

SMAN 1 Kota Ternate

Di Desa Sagawele, Halmahera, Kalian tidak akan punya cukup waktu untuk menikmati keindahannya

loading...

Tags: #artikel #pantai #wisata

author
Penulis: 
Maniac review motor, mobil, film, dan gadget. Silakan nilai review dari kami dan berikan pendapat dengan komentar.
Review Lokasi Curug Cilengkrang Pejambon, Kuningan Jawa Barat
Review Lokasi Curug Cilengkrang Pejambon, Kuningan Jawa Barat
Curug Cilengkrang – Pesona kuningan masih banyak
Ulasan Wisata Alam Kalibaya Kec. Salem Kab. Brebes
Ulasan Wisata Alam Kalibaya Kec. Salem Kab. Brebes
Wisata Kalibaya Park yang berada didaerah Puncak
Wisata B29 di Lumajang, Negeri di Atas Awan
Wisata B29 di Lumajang, Negeri di Atas Awan
Wisata B29 di Lumajang, Negeri di Atas
Tempat yang Cocok Untuk Bulan Madu Setelah Pernikahan
Tempat yang Cocok Untuk Bulan Madu Setelah Pernikahan
Tempat yang Cocok Untuk Bulan Madu –
Pantai yang Bagus Untuk Berenang di Bali
Pantai yang Bagus Untuk Berenang di Bali
Pantai yang Bagus Untuk Berenang  – Pulau bali
Wisata Pantai Angsana Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Wisata Pantai Angsana Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Pantai Angsana Banjarmasin – Indonesia memang kaya
Keindahan Pantai Klayar di Pacitan, Jawa Timur
Keindahan Pantai Klayar di Pacitan, Jawa Timur
Lokasi Pantai Klayar – Bermodal smartphone dan diberitahukan
Lokasi Pantai Alam Indah, Tegal, Jawa Tengah
Lokasi Pantai Alam Indah, Tegal, Jawa Tengah
Alamat Pantai Alam Indah – Bermodalkan gps dari

Tinggalkan pesan "Keindahan Pantai Sagawele yang Belum Terjamah"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga×